Tugu Muda

Tugu Muda

Berdirinya Tugu Muda Semarang dilandasi dari semangat para pejuang dan rakyak Semarang pada saat itu, dalam melawan para tentara jepang. Khususnya bagi para remaja yang ada pada masa itu. Atas berkat pemrakatsa dari para Koordinasi Pemuda Indonesia, maka dari sanalah diumumkan untuk membuat tugu ini. Akan tetapi, pada saat itu sedang ada masalah mengenai pendanaan yang mengakibatkan pembangunan ini ditunda hingga tahun 1951. Setelah itu, maka dibentukalah panitia yang khusus untuk tugu ini yang diketuai oleh Subeno Sosro Wardoyo, yang mana dia adalah walikota Semarang pada saat itu. Serta untuk rancangan design dari Tugu muda ini buat oleh Salim. Sedangkan untuk bagian reliefnya dikerjakan oleh seseorang seniman yang bernama Hondro.

Sebelah utara dari Tugu Muda ini, terdapat sebuah gedung yang bernama Gedung Pandanaran. Serta bagian timur dari Tugu Muda ini adalah obyek wisata yang cukup menjadi viral karena hawa mistisnya yaitu Lawang Sewu. Lalu untuk sisi selatan berhadapan dengan sebuab museum yang bernama Museum Mandala Bhakti. Pada bagian barat, terdapatnya sebuah Wisma yang bernama Wisma Perdamaian.

Saat sekarang ini, Tugu Muda Semarang masih menjadi salah satu tempat paling populer untuk nongkrong yang ada di Semarang dan sebagai salah satu sarana berkumpul para muda mudi yang ada disana. Tugu tersebut juga bisa di gunakan untuk pelepas penat, akan aktivitas sehari-hari, untuk sekedar bercandaan. Serta juga sering menjadi lokasi atau latar berfoto dari pada pengunjung yang daatang disana, terutama pada saat malam minggu.

Di tugu ini terdapat Sangga-sangga yang disana tertuliskan ukiran relief berbagai macam bentuk, yang semuanya memiliki arti berbeda-bedar. Seperti diantaranya Relief Hongerodeem, Relief Pertempuran, Relief Penyerangan, Relief Korban, Relief Kemenangan. Selain dari itu, ternyata masih banyak makna yang terdapat dari monumen Tugu Muda ini. Yang membuat kita harus selalu mengingat akan jasa para Pemuda dahulu yang berjuang dengan penuh jiwa dan raga, demi mempertahankan NKRI.

Tugu Muda sendiri, menjadi salah satu destinasi yang cukup banyak dipilih oleh para wisatawan yang datang ke kota Semarang, dikarenakan disini, menjadi tempat yang sangat bersejah bagi kota tersebut, serta memiliki berbagai macam nilai yang terkandung didalamnya yang penuh dengan suka dan juga duka.

Alamat dari ini berada di Persimpangan Jl. Pandanaran, Jl. Imam Bonjol, Jl. Soegiyopranoto, Kota Semarang, Jawa Tengah, yang menjadikan Tugu ini memiliki tempat yang begitu strategis di Semarang. Anda dapat mengunjungi tempat ini dengan mudah, karena terdapat berbagai macam transportasi yang lalu lalang disini.

Dikarenakan tempat ini berada ditengaj kota Semarang, dan terdapat dipersimpangan yang cukup padat lalu lalang kendaraan membuat Tugu ini, bisa anda kunjungi kapanpun dan dimanapun saja. Untuk tarifnya Tugu ini sama sekali tidak meminta tarif, dan pengunjung yang datang bebas untuk berkeliling area tugu ini secara gratis.

Pilihan wisata di Semarang satu ini sangat cocok bagi anda pecinta tempat yang memiliki nilai sejarah yang amat kental, dan juga tidak dipungut biaya satupun.